Saturday, December 4, 2010

Hati-hati dengan Penipuan

Hai sobat! pernahkah suatu hari kamu mendapati sebuah bungkusan hadiah kecil di jalanan. dari produknya OREO misalnya!. disitu dituliskan "selamat anda mendapat 1 unit honda jazz dan bla...bla...bla... . Nah yang seperti itu sudah bisa dipastikan sebagai bentuk dari penipuan. kok bisa?
coba kamu pikir lagi! jika itu asli, kenapa tidak ada promo di TV ataupun media lainnya.

Lho tapi kok ada perizinan dari kepolisian lho? Oke, contohnya seperti ini:
disitu memang ada kertas yang bertuliskan sudah mendapatkan izin dari kepolisian dan ada juga peringatan hati-hati terhadap penipuannya. Tapi yang namanya penipuan kan memang seperti itu... agar orang percaya, maka dibuat seperti asli. mana ada penipuan di model nggak seperti nyatanya atau aslinya, itu sih nggak menipu namanya.

Sebenarnya penipuan yang seperti ini sudah lama ada, aku mengalaminya pertama kali saat aku kelas 3 SMP. saat itu yang kutemukan dari produknya BISKUAT. disitu tertera "Selamat anda mendapat 1 unit AVANZA". Eh, nggak begitu lama aku menemukan yang seperti itu lagi. tulisannya sama persis. mana mungkin hadiah mobil seperti itu dibuang-buang! ya kan!. Yang lebih memperkuat, selama aku menemui seperti itu, selalu hadiah mobil, kenapa kok nggak handphone aja! terus yang lebih aneh no PIN yang diberikan sama persis dengan yang kutemukan yang kedua kalinya.

Oh ya, produk mana saja yang sering di gunakan sebagai penipuan? yang selama ini pernah kutemui penipuan ini biasanya mengatasnamakan : BISKUAT, OREO, TANGO, dan Keju KRAFT.

Nah kemudian pernahkah sobat dapet sms  seperti ini:
"NAK! INI NOMERNYA TEMAN PAPA, TOLONG ISIKAN PULSA KE NOMER PAPA YANG INI : 081xxxxxx. PAPA LAGI DI KANTOR POLISI SEKARANG, TIDAK USAH DIHUBUNGI, NANTI PAPA YANG HUBUNGI." dan bla...bla...bla.
Mungkin para sobat sudah paham kalau ini penipuan. terus apa yang sobat lakukan? paling-paling membalasnya dengan cemohan atau cacian. Sebaiknya kalau dapat lagi tidak usah dihiraukan. karena modus seperti ini sekarang semakin canggih. jadi gini, misalnya kamu membalasnya. maka otomatis nomer kamu sudah terdaftar, seperti layanan REG gitu lah! nah dengan demikian pulsamu bisa tersedot dengan sendirinya. Nah maka dari itu berhati-hatilah, karena modus penipuan semakin berkembang. kalau kata bang NAPI: "Kejahatan tidak hanya  ada niat dari pelakunya! tapi juga ada kesempatan". kalau kataku: "Kejahatan tidak hanya  ada niat dari pelakunya! tapi juga ada kesempatan dan kecerdikan". WASPADALAH...WASPADALAH...     

9 comments:

BLO-SANTAI said...

Heheh.. Hanya orang bodoh yg mau nurutin sms yg mengatas namakan papahnya tadi...

YU^DY said...

Saya juga pernah bro nemu undian berhadiah avanza pada biskuat.. Bungkusnya rapi banget sampai2 kukira beneran. Hehe

BLOG Si YAQIN said...

Blog-santai: setuju
YU^DI: he'em

dhiannis said...

hmmm.. bener juga.. hampir saja tetanggaku kena tipu kaya gituan, hm...

BLOG Si YAQIN said...

ya! bersyukurlah apabila tidak tertipu

amaliaameel said...

wah iya banget ! aku juga pernah tuh nerima sms tentang yang tolong isiin papah pulsa, aku caci aja.. tapi itu malah bikin nomerku terdaftar ya ? aiih -___- pantesan loh pulsaku sering abis tiba tiba ..
kalo udah gini gimana ya ?

tr@visb4rk3r said...

ok2 boz....

BLOG Si YAQIN said...

dodik: oke2
amaliaamel: gag ada pilihan lagi... ganti nomer aja... hahaha

arfiantsite said...

Tampaknya penipuan semakin marak, dan Targetnya adalah anak-anak..
maka dari itu ingat "Kejahatan bukan hanya karena niat dari pelakunya, tapi karena ada kesempatan, jadi WAPADALAH" begitu kada bang Nurdin,Eh maksud saya Bang Napi.. hehe

Post a Comment