Monday, November 8, 2010

Tips Untuk Remaja Di Dunia Maya


sebagian besar pengguna internet adalah remaja. Anak muda sekarang ini dapat menerima dengan mudah teknologi baru sekarang ini. Akan tetapi terkadang rasa keingintahuan remaja yang amat besar,itu dapat menjadi bumerang bagi mereka sendiri.

Berikut ini saya berikan tips untuk remaja agar aman saat browsing internet.

1. Informasi pribadi
berhati hatilah saat memberitahukan identitas pribadi anda seperti nomor telepon, alamat rumah. Walaupun hanya sepele, tapi tetap berhati hatilah. Di as, yang paling disoroti adalah security sociel number. Bahkan seorang petinggi microsoft melarang anaknya memberikan informasi pekerjaan orang tuanya di dunia maya itu.

mengapa kita harus berhati hati? Ini karena keamanan identitas pribadi terkait dengan kerahasiaan password dari account email remaja itu. Karena itu, maka kita harus tetap jaga account email kita terhadap siapapun termasuk orang dewasa.

2. Identitas palsu
apa yang kamu temui di internet, janganlah seluruhnya kamu percayai itu. Mengapa? Yang paling utama yaitu adalah terkait dengan identitas pribadi kita di media social, seperti facebook. Bisa saja orang yang mengaku berumur 15 dan mempunyai tampang rupawan, adalah orang yang sudah tua mengidap penyait pedofilia. Bisa saja bukan???

Sangat memungkinkan bagi internet dengan ke'anonymous'annya untuk menggunakan identitas palsu. Jika begini, berarti ada dua kemungkinan. Mereka yang menyimpan misi negatif tersendiri atau mereka yang hanya iseng agar lebih percaya diri.




3. File dan email misterius
hati hati saat menemukan / menerima email dari yang kita tidak kenal pengirimnya. Isi email atau file tersebut bisa jadi adalah virus untuk merusak komputer kita atau bisa saja mengintai aktivitas kita di komputer. Bahkan ada juga data data korban ketika virus sudah menginfeksi.

Maka, pagari komputer anda dengan antivirus ampuh dan terpecaya serta software keamanan lainnya. Jika sudah ada, lakukan update secara rutin untuk peningkatan kekebalan.


4. Kopi darat
banyak cerita manis di dunia maya yang berujung ke dunia nyata. Tapi untuk jaga-jaga, anda jangan lantas mudah terperdaya oleh manisnya dunia maya. Bentuk kewaspadaan bisa dilakukan dengan mengajak teman atau keluarga ketika ingin menemui 'teman chatting' secara offline (kopi darat).

Nah, kalau teman online anda mengajak ketemuan di tempat-tempat yang aneh dan mengajak hanya berdua saja, sebaiknya jangan diikuti. Anda tentu tak mau mengambil risiko bukan?

5. Cyber bullies
di dunia maya juga bisa terjadi yang namanya pelecehan ataupun kekerasan yang membayangi para remaja. Apakah anda pernah mendapatkan pesa berisi cyber bullying? Kalaupun pernah, biarkan saja, tidak usah di balas. Jika memang dia sudah mengganggu, maka sebaiknya beritahu pada orang orang terdekat anda.

6. Belanja online
demi keamanan, bicarakan dahulu dengan orangtua sebelum anda melakukan transaksi online. Praktek dengan iming-iming harga murah biasanya dilakukan situs belanja palsu. Kartu kredit di dunia maya biasanya juga menjadi mangsa yang paling dicari oleh phisher (pelaku pencurian informasi).

0 comments:

Post a Comment