Wednesday, December 1, 2010

Perbanyak Membaca

Hay sobat! dengan membaca kita dapat membuka jendela dunia (bener kan?). Membaca merupakan suatu proses yang strategis dan interaktif. Mengapa dikatakan demikian? Dengan membaca kita akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum kita ketahui. selain itu bisa dapet pahala lho asalkan yang dibaca itu mengenai ilmu! (lain-lainnya apa itu? Baca dulu ya?).


Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, antara lain :
1. Memperoleh pengetahuan dan wawasan baru yang akan semakin meningkatkan pengetahuan kita. Nah......kalau sudah begini, kita akan lebih mempu menjawab tantangan hidup pada masa mendatang. misalnya soal UJIAN.. bener nggak?.
2. Dengan membaca dapat memberi kesempatan untuk belajar melalui kehidupannya. Belajar disini akan menambah kedewasaan kita, misalnya dalam mengambil suatu keputusan supaya tidak asal (kalau asal nanti nyesel lagi, ya nggak?).
3. Mendapatkan hiburan, dengan membaca kita bisa juga mendapatkan hiburan, seperti: baca novel, komik dll. tapi ingat! pelajaran harus diperhatikan.
4. Melatih Emosional dan Mental
Buat yang sering demam panggung alias grogi, sering-sering aja baca dech membaca.. Demam panggung biasanya disebabkan karena kurang percaya diri, kenapa sich? Pernah ada yang menjawab karena takut kalau ditanya sesuatu tidak bisa menjawab. Nah.....solusinya apa coba....MEMBACA, ya nggak???
5. Meningkatkan Imajinasi
Dari membaca kita dapat mengeluarkan ide-ide yang terpendam. Duh....kan mubadzir...siapa tahu nanti dengan menulis kita dapat menjadi orang terkenal (Amin...siapa tahu ya).


Biar membaca lebih asyik...maka jadikan membaca menjadi bagian dari hidup. Bukankah sebagai pelajar yang masih mencintai iman membaca merupakan bagian dari ibadah? (tapi ilmunya diamalkan ya!). Ada beberapa tips supaya belajar lewat membaca lebih asyik, nach ini dia :
1. Niat
2. Cita-cita yang kuat
3. Lakukan dengan santai
4. Sambil dengerin musik kesayangan
5. Gigih.
6. Ditempat yang nyaman (asal jangan kasur)
7. Ada temannya (biar nggak cepat bosen)
8. Sediain cemilan (hahaha, biar perut tetap terisi)


Membaca memerlukan waktu (ya...iyalah sudah pasti). Buat para pembaca, manfaatkanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Waktu adalah pedang dari kehidupan (kata orang-orang.. hehehe), jika kita tak dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka waktu yang kita sia-siakan akan menikam kita (istilahnya ya?). Sebagai seorang pelajar, jadikanlah membaca sebagai kewajiban, OK....sukses buat semuanya...selamat membaca dan buktikan manfaatnya.

6 comments:

BLOG-SANTAI said...

alhamdulillah saya sejak mulai bisa membaca, sampai sekarang suka membaca.. Terutama buku2 cerita & ilmu2 sains serta tak lupa bacaan wajib bagi setiap Muslim, Al-Qur'an.

benar kata sobat, membaca sama dg membuka jendela dunia lebar2.
Tanpa lantaran baca-membaca mustahil ilmu dan teknologi bisa semudah itu.
Maka pantaslah perintah Allah terhadap Nabi SAW adalah 'Iqra'' ='bacalah'

Terimakasih sudah mampir dan berkomentar *pertamaxx lagi* di blog sederhanaku tadi :D

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
sangat sependapat dengan banyak membaca maka menjadi lebih mengerti dan memahami namun juga perlu diperhatikan banyak membaca apa,ada yang bilang karakter anda dibentuk dari bagainmana anda membaca nah ini terbukti bila membaca juga membawa pengaruh dan berperan penting,makasih n dah saya follow

rezKY p-RA-tama said...

mari membaca...
baca apa saja yang bisa dibaca oke
heheh :D

BLOG Si YAQIN said...

Blog-santai: terima kasih pencerahannya sob... .

Dhana: ya aq setuju! membaca memang juga turut serta dalam pembentukan kepribadian

Rezky: asalkan jangan baca dengan terbalik

jaya | Belajar SEO Pemula said...

Membudayakan membaca memang harus segera dibangkitkan kembali.... Acara di televisi, game, sangat mempengaruhi semangat membaca anak....

Heeee ngaitkannya ama anak-anak, cz lg seneng ma anak2 nih....

salam kenal ya.... Kalo boleh tukaran Link yuk....

BLOG Si YAQIN said...

Oke...

Post a Comment